Rabu, 06 Januari 2016

Aqiqah dan Potong Rambut

Diposkan oleh Inda Rozalia di 16.11 3 komentar
Seperti anak pertama dahulu, Mr. Ayah pun ingin melaksanakan aqiqah untuk anak keduanya pada hari ketujuh. Hal ini sesuai dengan hadist yang berbunyi:

اَلْغُلاَمُ مُرْتَهَنٌ بِعَقِيقَتِهِ يُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ السَّابِعِ وَيُسَمَّى وَيُحْلَقُ رَأْسُهُ
“Seorang anak itu tertahan dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuh, diberi nama, dan dicukur rambutnya.”

Hadits ini shahih. Dan al-Hasan telah mendengarnya dari Samurah. Imam al-Bukhari mengatakan: -sebagaimana dalam kitab Fathul Baari (IX/590)- Telah mengatakan kepadaku ‘Abdullah bin Abul Aswad, beliau berkata: Quraisy bin Anas memberitahu kami dari Habib bin asy-Syahid, dia berkata, Ibnu Sirin menyuruhku untuk bertanya kepada al-Hasan dari siapakah dia mendengar hadits tentang aqiqah. Lalu aku bertanya kepadanya, maka dia pun men-jawab, “Dari Samurah bin Jundub.”
Dan makna مُرْتَهَنٌ بِعَقِيْقَتِهِ adalah bahwa ia tertahan untuk memberi syafa’at kepada kedua orang tuanya.

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يَنْسُكَ عَنْ وَلَدِهِ فَلْيَنْسُكْ عَنْهُ عَنِ الْغُلاَمِ شَاتَانِ مُكَافَأَتَانِ وَعَنِ الْجَارِيَةِ شَاةٌ
‘Barangsiapa yang hendak mengaqiqahi anaknya, maka hendaklah dia melakukannya. Untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang sama dan bagi seorang anak perempuan satu ekor kambing.” [HR. An-Nasa’i, hasan] -Sumber-

Alhamdulillah kami diberikan kemudahan dalam melaksanakan aqiqah dihari ketujuh setelah kelahiran. 

Bagaimana cara penghitungan hari ketujuh? 

Kamis, 31 Desember 2015

Proses Lahiran

Diposkan oleh Inda Rozalia di 11.32 2 komentar
Due date lahiran menurut dokter adalah tanggal 3 September 2015 bila dihitung sesuai HPHT bun. Untuk itu, bun sudah mengajukan cuti melahirkan terhitung tanggal 24 Agustus 2015. Tapi kita yang namanya manusia hanya memperkirakan saja, yang menentukan tetap Allah Sang Maha Kuasa.
Dini hari di hari Jum’at tanggal 21 Agustus 2015, perut bun mulai mules. Makin lama makin terasa mulesnya walaupun belum kencang. Segera bun pergi ke wc dan ternyata sudah ada bercak darah tapi belum bun sampaikan ke ayah maupun nenek Farrel (ibunya bun). Subuh hari, masih bun sempatkan untuk sholat subuh. Baru bun bilang ke ayah, “kayaknya adeknya Farrel udah mau lahir deh yah..”. Ayah pun akhirnya memutuskan untuk langsung mengambil jatah cuti menemani istri melahirkan.

Hingga siang hari rasa mulesnya makin ga berasa. Setelah berunding, bun memutuskan untuk segera berangkat ke klinik setelah sholat asar. Sesampainya di klinik, diperiksa susternya baru bukaan 2. Wah, pantesan aja rasanya ga berasa banget. Oleh si suster, disuruhnya bun untuk banyak jalan. Nah tiba-tiba ayah mau beliin pizza buat atok dan nenek. Kebetulan tak jauh dari klinik tersebut ada Pizza Hut. Jadi deh bun pun memutuskan untuk ikut jalan, biar cepat bukaannya. Pelan-pelan dengan bergandengan dengan ayah dan juga Farrel yang ga mau ketinggalan, kami berjalan menuju Pizza Hut. Ketika menunggu pizza yang kami pesan, mulesnya makin terasa, tapi masih bisa bun tahan.

Setelah 7 tahun berlalu

Diposkan oleh Inda Rozalia di 09.32 0 komentar
Suatu hari di hari Minggu, sepulang kami dari kondangan teman sejawat Mr. Ayah, sambil ngobrol-ngobrol di mobil antara ayah dan anak (bundanya cuman dengerin aja), rupanya ayah punya rencana untuk mengajak Farrel pergi memancing. Tadinya, bun ingin merahasiakan feeling bun ke ayah sampai memang terbukti kebenarannya. Tetapi karena ajakan memancing ini, maka, mau tak mau kejutan yang rencananya akan bun berikan, batal deh. Apa sih kejutan yang direncanakan itu? Hahaha.. Akhirnya bun bilang gini, “Hhmmnn mancingnya ga usah dulu deh, Yah. Kayaknya Farrel mau punya adek nih. Tapi belum pasti sih..” Langsung hening deh di mobil. Hahaha.. reaksi yang aneh. Trus ayah bilang, “kemarin ke SG gak apa-apa kan?”, bun pun hanya diam saja saat itu.

Kira-kira 1 minggu setelahnya, tepatnya tanggal 9 Januari 2015 bun mengajak ayah untuk pergi ke dokter kandungan. Dokter ini salah satu dokter yang terkenal di Batam dan banyak sekali pasiennya sehingga kalau memang mau periksa dan konsultasi, ya musti sabar. Sejak jauh sebelum kehamilan bun kali ini, bun sudah berniat, jikalau hamil kedua nanti, bun ingin ke beliau. Beliau adalah Dr. Adriyanti, SpOG yang berpraktek di RSOB dan memiliki klinik BMC. Sedikit menyelipkan cerita tentang beliau, setelah kunjungan pertama ini, kami merasa nyaman berkonsultasi dengan beliau karena beliau begitu sabar dan bersedia mendengarkan cerita kami, tidak terburu-buru seperti kesanku terhadap dsog lain yang pernah kukunjungi. 

Senin, 28 Desember 2015

Liburan setahun lalu..

Diposkan oleh Inda Rozalia di 11.19 4 komentar
Tahun lalu di bulan Desember, seperti sekarang, merupakan hari libur sekolah. Ayah sudah jauh-jauh hari mempersiapkan segalanya buat kita sekeluarga jalan-jalan ke negeri tetangga. Kali ini tujuan utamanya Garden By The Bay. Liburan kali ini cukup 3hari saja.

Jumat, 29 Mei 2015

Zenbu Batam

Diposkan oleh Inda Rozalia di 16.36 6 komentar
Resto baru yg hadir di Batam dan sangat mudah dijangkau karena berdekatan dengan salah satu mall teramai di Batam, Nagoya Hill. Resto baru berbau Jepang. Berhubung bun punya temen yang juga suka makan dan suka mencoba yang baru, jadilah kami beramai-ramai kesana. Tempatnya cozy dengan alunan musik Jepang yang easy listening, enaklah buat konkow-konkow.
Penampakannya:

Senin, 08 Desember 2014

Lost in Bali

Diposkan oleh Inda Rozalia di 10.56 2 komentar
Lagi-lagi, bun dapat tugas untuk manghadiri kegiatan. Kali ini tujuannya adalah Denpasar. Baliiii I'm coming.. Alhamdulillah.. Akhirnya bisa sampe di Bali lagi. Kalau diingat-ingat, pertama kali bun ke Bali adalah jaman kecil dulu, bersama keluarga (ibu, bapak, abang, dan adek). Jalan-jalan waktu libur sekolah. Flashback sedikit keinget sama pantai kutanya. Disana bun rambutnya seperti di gimbal gitu, terus juga jalan ke Besakih, pantai sanur, tanah lot, dan berbagai tempat wisata lainnya. Tapi itu dulu.. ketika bun kecil. Dan sekarang, ga mungkin juga bun bisa pergi ke semua tempat itu..

Seperti yang sudah-sudah. Perjalanan memakan waktu 3 hari.

Hari Pertama
Sesampainya di Bandara Ngurah Rai, segera kami menuju hotel. Setelah itu, langsung pergi mencari oleh-oleh untuk menghindari kelupaan bawa oleh-oleh. Posisi hotel tempat bun menginap cukup strategis, alias dekat dengan tempat makan dan mall, bun sempatkan menyusuri jalan.
Tempat Nginep

Senin, 17 November 2014

Kota Malang dan Bromo. Sungguh berkesan!

Diposkan oleh Inda Rozalia di 10.06 0 komentar
Kali ini bun mau cerita tentang perjalanan bun ke Malang. Bulan Oktober 2014 kemarin, bun kebagian job untuk menghadiri kegiatan yg diadakan di kota Malang. Bersama seorang temen, bun berangkat. Seperti yg sudah2, tugas ini memakan waktu 3hr. Hr pertama kedatangan, hr kedua acara dan hari ketiga saatnya pulang.
Sempetin mejeng di bandara Abdul Rachman Saleh

Hari pertama
Sesampainya di bandara, kami langsung menuju ke hotel tempat acara. Waktu itu kami memilih untuk carter mobil. Ngomong punya ngomong, ternyata sang supir sudah terbiasa menjadi tour guide bagi para pelancong. Akhirnya hr itu kami memutuskan untuk berkunjung ke kebun apel. Bukankah kota Malang terkenal dengan kota apel?

 

All about Growing, Learning and Loving Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea