Rabu, 06 Januari 2016

Aqiqah dan Potong Rambut

Diposting oleh Inda Rozalia di 16.11
Seperti anak pertama dahulu, Mr. Ayah pun ingin melaksanakan aqiqah untuk anak keduanya pada hari ketujuh. Hal ini sesuai dengan hadist yang berbunyi:

اَلْغُلاَمُ مُرْتَهَنٌ بِعَقِيقَتِهِ يُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ السَّابِعِ وَيُسَمَّى وَيُحْلَقُ رَأْسُهُ
“Seorang anak itu tertahan dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuh, diberi nama, dan dicukur rambutnya.”

Hadits ini shahih. Dan al-Hasan telah mendengarnya dari Samurah. Imam al-Bukhari mengatakan: -sebagaimana dalam kitab Fathul Baari (IX/590)- Telah mengatakan kepadaku ‘Abdullah bin Abul Aswad, beliau berkata: Quraisy bin Anas memberitahu kami dari Habib bin asy-Syahid, dia berkata, Ibnu Sirin menyuruhku untuk bertanya kepada al-Hasan dari siapakah dia mendengar hadits tentang aqiqah. Lalu aku bertanya kepadanya, maka dia pun men-jawab, “Dari Samurah bin Jundub.”
Dan makna مُرْتَهَنٌ بِعَقِيْقَتِهِ adalah bahwa ia tertahan untuk memberi syafa’at kepada kedua orang tuanya.

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يَنْسُكَ عَنْ وَلَدِهِ فَلْيَنْسُكْ عَنْهُ عَنِ الْغُلاَمِ شَاتَانِ مُكَافَأَتَانِ وَعَنِ الْجَارِيَةِ شَاةٌ
‘Barangsiapa yang hendak mengaqiqahi anaknya, maka hendaklah dia melakukannya. Untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang sama dan bagi seorang anak perempuan satu ekor kambing.” [HR. An-Nasa’i, hasan] -Sumber-

Alhamdulillah kami diberikan kemudahan dalam melaksanakan aqiqah dihari ketujuh setelah kelahiran. 

Bagaimana cara penghitungan hari ketujuh? 

Ini juga sempat menjadi hitung-hitungan dan keberhati-hatian (biar ga salah), akhirnya kami pun berusaha mencari-cari lagi, bagaimana cara menghitung hari ketujuh itu.
Kalau dulu Farrel lahir di hari Senin pukul 12.45WIB, maka hari ketujuhnya adalah hari Minggu.
Kalau Fionna lahir di hari Jum'at pukul 19.05WIB, kapankah hari ketujuhnya? Jawabnya adalah hari Jum'at. Karena 1 hari dihitung sebelum jam 18.00, sehingga ketika baby Fio lahir telah melewati pukul 6 sore, maka 1 harinya dihitung mulai dari hari Sabtu.
Alhamdulillah, bun jadi tau hitung-hitungannya.

Hari ketujuh ini, kami hanya melaksanakan aqiqah berupa pemotongan 1 ekor kambing yang kemudian dimasak dan dibagi-bagikan, sedangkan potong rambutnya kami laksanakan setelah 40hari. Hal ini dilakukan semata-mata biar bun nya udah bener-bener sehat, baby Fio juga udah sedikit besar dan kesibukan mengurus baby new born yang sudah sedikit berkurang.

Baby F Siap-siap cukur rambut

Luv,
Bun

3 komentar:

  1. semoga rambutnya tumbuh lebat dan banyak. biar jadi anak yang cantik

    BalasHapus
  2. Aku dulu di aqiqah lebih dari hari ketujuh.. karena sebulan harus di inkubator.

    gak papa juga kan tante?

    BalasHapus
  3. wah dah lama gak mampir ..farrel sekarang py adik fiona ya

    BalasHapus

 

All about Growing, Learning and Loving Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea