Sabtu, 06 Agustus 2011

Batuk

Edit Posted by with 4 comments
Gbr diambil dr Google
Sudah cukup lama rasanya Farrel batuk. Upsss.. Bukannya bunda ga peduli ya, tapi ada cerita dibalik itu. Awalnya atok Farrel yang batuk. Berhubung tiap harinya selalu main bareng atokknya, akhirnya Farrel pun ikut batuk. Ketika dilakukan pemeriksaan, ternyata atok diharuskan minum obat tanpa henti selama 6 bulan. Ya.. Walaupun itu baru gejala, tentu bunda khawatir Farrel juga mengalami hal yang sama. Buru-buru bunda bawa ke dsa. Ketika bunda sampaikan keluhan dan apa yang didiagnosa atas kakeknya, akhirnya dokter menyarankan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Tes mantoux pun dilakukan dan rotgen paru-parunya. 2 hari kemudian diminta datang kembali untuk melihat hasilnya.
Alhamdulillah, setelah di observed, Farrel dinyatakan negatif. Hanya diberikan obat batuk biasa saja. Selang beberapa hari pun, batuk Farrel sembuh. 

Seperti biasa, kalo udah begitu, keinginan Farrel untuk minum2an dingin alias es selalu ada. Herannya, tiap habis selesai minum es sekali saja,
batuknya datang lagi. Diberi obat, sembuh. Dan ketika suatu saat dia minum es lagi, batuknya akan kembali, walau sebenarnya hanya sekali waktu minum esnya.
Karena udah berlangsung beberapa kali, akhirnya kemarin, bunda bawa Farrel ke dsa kembali. Sampaikan semua keluhan dan kenyataan yang terjadi pada Farrel. "Itu alergi", gt kata dsa nya. "Jadi, ganti susunya ya bu, ga boleh makan coklat, permen, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan susu sapi. Hindarkan dari apa saja yang membuatnya batuk karena jika terus dilawan, bisa jadi menimbulkan asma", lanjutnya. Mendengar batuk Farrel yang bisa sangat mengganggunya, dsa menyarankan utk di Nebulizer. "Ok!" Kata bunda.
Sedih rasanya mendengar begitu banyak yang ga boleh dimakan oleh Farrel, tapi demi kesembuhannya akan bunda usahakan memberi yang terbaik. Aamiin..

Skrg Farrel lagi menyesuaikan diri dengan rasa susu soya. Hmmn.. sama ga ya gizi susu soya dengan susu sapi?? Tapi.. yang penting adalah pola makan yg teratur dengan makanan bergizi. Bener ga, moms???.

4 komentar:

  1. alhamdulillah tes mantouxnya negatif, jadi bukan TBC.. cuman nggak enak banget kalo batuk nggak berhenti-berhenti gitu.. apalagi pas puasa gini, nyiksaaa...

    semoga cepet sembuh, jangan lupa diminum obatnya

    BalasHapus
  2. anakku juga lagi batuk nih bunda, meskipun cuma sesekali tapi tetap aja kepikiran juga. takut kenapa-kenapa, soalnya ayahnya kan perokok.

    alhamdulillah hasil tesnya negatif, nggak kebayang kalau masih sekecil farel harus minum obat terus menerus selama 6 bulan.

    BalasHapus
  3. bun selamat menunaikan ibadah puasa mohon maaf lahir dan batin yah :)
    wah kak farel allergi yah rupayanya...dulu kinan pernah waktu batuk diminta ganti susu yang HA, tapi nggak mau sama sekali dah terlanjur dibeliin satu kaleng, sekali kebuka sekali dibuatkan nggak mau, akhirnya balik lagi ke susu lama, karena kita asumsinya batuk bukan alergi karena salama ini fine fine aja kok, sempat di nubulizer dua kali..pertama saat itu batuknya parah, yang kedua nggak parah tapi dia kan nggak bisa keluarin dahak usia 11 bulan kalo tak salah..alhamdulilah seminggu dah sembuh dan alhamdulilah sampai sekarang nggak batuk lagi * semoga selalu sehat sehat,jangan sampai ya allah,* makanananya aku jaga banget bun, dikurangi banget yang berbau baru gorengan..gorengan boleh dibatesin...kalo bisa bikin sendiri dan minyak harus baru, banyakin sayuran atau lauk yang dikukus atau direbus, terus buah buah untuk stamina juga harus tiap hari,es cream beli?? alhamdulilah sampai sekarang belom tergoda dan kepingin membelikan, dibikinkan sendiri saja, minuman didingin dari kulkas misalnya jus boleh..alhamduilah dia nggak masalah, air putih dingin dari kulkas..enggak dulu..bisa ketagihan nanti..coklat coklat jajanan alhamdulilah nggak suka anaknya...paling pol biskuat, meses ceres,roma malkist, crakcers...tapi itupun sedikit..intinya dikurangi pengawet dan perwarna yang mungkin juga memicu batuk bun..terus ditingkatkan untuk daya tahannya ...semoga berguna yah bun..

    BalasHapus
  4. @Gaphe: iya om.. Aaamiin.. Makasih do'anya. Yang denger aja ga enak mas.. apalagi yg ngalamin batuknya.. Kasian kan.. :(

    @Henny Yarica : betul mba. Kalo kita yg minum obat 6bln aja rasanya jelak, apalagi jika anak2 y mba..

    @Mama Kinan: Met puasa jg mb.. Makasih banget masukannya. Aku jg sempet mikir, apa emang alerginya termasuk susunya itu. Pdhl dulu2 jg gpp minum susu itu. Batuknya 2bln kebelakang sedangkan susunya udah dipake hampir 2thn yg lalu. Gmn coba mba?

    BalasHapus